Rabu, 28 Oktober 2015

Pengantar Bisnis 2


TREND BISNIS ONLINE MARKETING
Pengantar Bisnis (Soft Skills)

Gunadarma
Disusun Oleh:
Maharani Pratiwi W.H
Mas Rifqi Ardiansyah
Mia Hardiyanti
Muhammad Ali Ridho
Muhammad Riza Akbar
Nadina Hermine

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Tahun demi tahun perkembangan teknologi informasi semakin pesat, begitu juga pemanfaatan untuk melakukan pemasaran via internet atau biasa disebut marketing online. Saat ini, Internet sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat di Indonesia, terutama bagi mereka yang memiliki gadget dengan teknologi terbaru seperti, smartphone, tablet, dan laptop. Bahkan saat ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan internet guna keperluan menjalankan bisnis yang dimilikinya. Seperti misalkan memanfaatkan internet untuk memasarkan produk atau biasa disebut internet marketing.
Mungkin selama ini pemahaman kita tentang internet marketing itu adalah jualan lewat internet. Sebenarnya itu tidak salah karena kalau dilihat dari definisinya, internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Namun, kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.
Salah satu contoh bisnis internet marketing terkenal adalah situs online marketing blibli.com. Blibli.com adalah website yang akhir-akhir ini sering menghiasi layar kaca televisi kita yang bergerak di bidang e-commerce.
1.2  RUMUSAN MASALAH
Di dalam tulisan ini dibahas beberapa hal berkaitan dengan bisnis diantaranya adalah sebagai berikut.
1.      Cara memulai bisnis
2.      Strategi produk
3.      Strategi pemasaran produk
1.3  TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan ini adalah :
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar bisnis
2.      Untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai online marketing, cara memulai usaha sampai dengan strategi pemasaran khususnya yang diterapkan oleh situs Blibli.com






















BAB II
TEORI

2.1 CARA MEMULAI BISNIS
Setiap calon pebisnis, baik itu bisnis offline maupun pemilik bisnis online, pasti ingin memiliki sebuah bisnis yang sukses dan berhasil. Namun, hal terpenting yang pertama kali harus dilakukan adalah memikirkan bagaimana cari memulai bisnis. Berikut ini merupakan cara-cara memulai bisnis, diantaranya :
1.      Memutuskan apa yang akan dijual.
Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekita. Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama. lakukanlah riset produk dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.
2.      Membuat Lapak Online
Lapak online merupakan tempat untuk berjualan online. Untuk tahapan ini kita bisa memulai dari situs social media, aplikasi social chat, dan situs marketplace. Atau bisa juga dengan membuat website sendiri. Kadang ini juga bisa dijadikan parameter apakah seseorang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak. Dengan memiliki website, biasanya orang lain akan menjadi lebih mantap ketika hendak bertransaksi dengan kita.
3.      Isi Website dengan Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Isilah website dengan konten yang meyakinkan. Gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda tampilkan di website. Karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.
Untuk materi konten web-nya, tampilkan yang simpel-simpel saja dulu, dan sebisa mungkin memuat informasi sebagai berikut:
·         Profil usaha.
·         Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya.
·         Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi Anda.
·         Cara pemesanan dan form order nya.

2.2  STRATEGI PRODUK
Strategi Produk yaitu melalui merk, BLIBLI menjual produk dengan merk yang membuat produk yang satu beda dengan yang lain memudahkan konsumen dalam menentukan produk yang akan dikonsumsinya yang menimbulkan kesiataan terhadap suatu merek (Brand Loyalty). Strategi produk merupakan tanggung jawab beberapa level dalam perusahaan.
1.      Manajemen Produk (Merek)
Aktivitasnya meliputi : perencanaan, pengelolaan dan koordinasi untuk suatu produk/merek tertentu. Tanggung jawabnya mencakup analisis pasar, penetapan target, positioning, analisis dan strategi produk, identifikasi produk baru dan koordinasi kegiatan pemasaran.
2.      Manajemen Kelompok Produk/Pemasaran
Suatu bisnis dengan beberapa produk/merek dan tanggung jawab pengelolaan pada manajer kelompok atau manajer pemasaran.
Strategi yang dapat dilakukan :
Ø  Pemberian merek produk secara spesifik
Ø  Pemberian merek lini produk
Ø  Pemberian merek perusahaan
Ø  Pemberian merek kombinasi
Ø  Pemberian merek sendiri

2.3 STRATEGI PEMASARAN
Dengan banyaknya website ecommerce yang bermunculan, tentunya akan membuat persaingan menjadi semakin ketat. Ibarat filosofi 'penambang emas', jatah emas akan terbagi oleh para penambang yang menambang di lahan yang sama. Untuk itulah, diperlukan semacam strategi marketing yang 'berani beda', guna memenangkan persaingan yang teramat ketat itu.
Berikut ini merupakan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Blibli.com.
1.      Berani beriklan di TV
Mungkin strategi yang satu ini tidak bisa dibilang unik dan jitu, lantaran website lain juga melakukan hal yang sama. Strategi yang satu ini bisa dilakukan berdasarkan banyaknya modal/budget. Apabila website tersebut memiliki modal yang besar, maka beriklan di TV adalah strategi terbaik untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

2.      Berani memberikan layanan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia
Untuk strategi yang satu ini baru termasuk unik dan jitu -- atau bisa dibilang BERANI.
Kenapa dibilang berani? Jawabannya karena baru Blibli ini yang berani menggratiskan biaya pengirimannya. Untuk website ecommerce yang lain dikenakan biaya tambahan sesuai tarif dari ekspedisi yang mengirimkan.

3.      Berani memberi diskon di hari tertentu untuk 'genre' yang berbeda-beda
Strategi yang ketiga ini terbilang cukup jitu, yaitu berani memberikan diskon kepada konsumennya. Namun, penetapan waktu diskonnya terbilang unik dan kreatif. Pada hari-hari tertentu ada diskon untuk 'genre' yang berbeda-beda.











BAB III
ANALISIS

Pengaruh perkembangan teknologi menyebabkan dunia perdagangan dituntut untuk menawarkan sebuah konsep perdagangan baru melalui jaringan internet yang disebut dengan emarketing.
Dimana dengan konsep baru ini pemasaran dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat dan para pedagang dapat menjangkau daerah pemasaran hingga keseluruh dunia.
Online marketing merupakan suatu  inovasi baru di bidang bisnis dimana pada zaman sekarang sedang ramai dikenal dan digandrungi publik. Salah satu bisnis online marketing yang cukup terkenal adalah situs online marketing Blibli.com. Blibli.com merupakan pelopor e-commerce berkonsep mall online di Indonesia yang hadir dengan menawarkan berbagai macam produk dengan brand-brand dengan kualitas yang bagus.
Cara memulai bisnis online marketing Blibli.com hampir sama dengan cara memulai bisnis online lainnya yang terpenting adalah mempunyai lapak online untuk media pemasarannya.
Dengan menawarkan berbagai produk, layanan, serta strategi produk dan strategi pemasaran yang terbaik, semua pebisnis ingin memiliki sebuah bisnis yang sukses dan berhasil.











BAB IV
REFERENSI

https://www.maxmanroe.com/sebenarnya-apa-itu-internet-marketing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar